-->

Seputar Kapal Selam di Dunia : Terbesar, Berteknologi Canggih, Hingga Buatan Indonesia

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang transportasi ke luar bumi, pembahasan selanjutnya akan membahas tentang transportasi menuju inti bumi. Lebih tepatnya, transportasi yang berada ribuan kilo dibawah permukaan laut, yaitu kapal selam. Kapal selam semula diciptakan hanya untuk kepentingan militer yang dikembangkan untuk pertahanan. Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi kapal selam juga semakin meningkat. Salah satunya, pengembangan teknologi kapal selam buatan Rusia.

kapal selam amerika serikat,penemu kapal selam,cornelis drebbler,sejarah kapal selam,PT PAL Indonesia,Amerika Serikat,Rusia,Inggris,negara adidaya,dunia militer,teknologi militer,kapal selam inggris,kapal selam prancis,kapal selam rusia,kapal selam indonesia,kapal selam terbesar,kapal selam,transportasi lautan,buatan indonesia,made in indonesia,transportasi darat,pertahanan militer,
Ilustrasi kapal selam (THE MOSCOW TIMES/DEFENCE.ru)

Sejarah mencatat, kapal selam sudah ada sejak tahun 1578. Namun, pemakaian kapal selam pertama kali terjadi pada tahun 1620 oleh ahli Belanda, Cornelis Drebbel. Perkembangan teknologi kapal selam mulai terekspos, setelah banyak negara di dunia saling berkompetisi dalam menghasilkan kapal selam terbaik. Salah satu negara pengembang teknologi kapal selam tercanggih, yaitu Rusia.

Kapal selam buatan Rusia, mampu berada dibawah permukaan laut selama bertahun-tahun, tanpa memerlukan pengisian bahan bakar. Kapal selam ini, bergerak dengan menggunakan bahan bakar nuklir. Tidak hanya itu, Rusia juga mengembangkan kapal selam yang digadang sebagai kapal selam terbesar di dunia. Kapal selam super besar ini memiliki dimensi panjang 600 kaki yang mampu menyelam hingga kedalaman 1.700 KM dibawah permukaan laut.

Megalodon berkulit tebal dan tahan ledakan ini diberi nama “Belgorod”. Belgorod memiliki misi tersendiri dalam persembunyiannya di lautan Arktik, untuk menjaga dan melakukan penelitian ilmiah dibawah laut. Selain Rusia, juga terdapat beberapa Negara lain yang turut serta dalam pengembangan teknologi kapal selam, seperti :

1.  Kapal Selam Kelas Astute (Inggris)
Kapal selam canggih milik Inggris ini beroperasi pada tahun 2018, dengan reaktor nuklir sebagai bahan bakarnya. Keunggulan kapal selam ini, hampir sama dengan kapal selam Rusia. Namun, kapal selam ini dikhususkan untuk persembunyian di suatu tempat selama bertahun-tahun.

2.  Kapal Selam Kelas Ohio (Amerika Serikat)
Kapal selam ini merupakan yang terbesar versi buatan Amerika Serikat, dengan keunggulan mampu membawa rudal balistik lebih banyak, sekitar 24 rudal trident per kapal.

3.  Kapal Selam Kelas Triomphant (Prancis)
Kapal selam dengan jumlah angkutan sebanyak 112 awak ini, memiliki misi untuk mengangkut rudal balistik nuklir dengan desain yang lebih ramping dan runcing di depan.

Selain 4 negara tersebut, masih banyak negara lain yang memiliki kapal selam dengan teknologi unggul versi tersendiri. Dikawasan Asia, seperti Jepang, China, Korea, dan Indonesia, juga memiliki kapal selam yang tak kalah hebatnya.

Di Indonesia, perkembangan kapal selam sudah ada sejak tahun 1946 yang awalnya bermula dari mesin mobil. Saat ini, Indonesia sudah memproduksi kapal selam buatan sendiri perdana, dengan nama “KRI Alugoro-405”. Proyek ini berkat hasil kerjasama Indonesia – Korea Selatan. Proyek pengembangan kapal selam ini dibuat di PT PAL Indonesia (Persero) dan sudah dioperasikan oleh Angkatan Laut Indonesia pada tahun 2015. Dengan demikian, Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN yang mampu membuat kapal selam.


0 Response to "Seputar Kapal Selam di Dunia : Terbesar, Berteknologi Canggih, Hingga Buatan Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel