-->

Mengenal Si Hijau Beraroma Wangi : Tumbuhan Berdaun Sejajar yang Bermanfaat

Tumbuhan pandan (Pandanus amaryllifolius) memiliki jenis daun berbentuk sejajar dengan panjang sekitar 60 cm dan berwarna hijau. Tumbuhan ini memiliki aroma pada daunnya karena terdapat zat kimia seperti alkaloid, polifenol, flavoida, tanin, saponin, dan zat warna. Aroma wangi pada daun pandan ini selain berfungsi sebagai pengharum makanan tetapi juga sebagai penambah nafsu makan dan penenang.  


pandan wangi,tumbuhan pandan,daun pandan,pewarna alami,pengharum makanan,manfaat daun pandan

Cara menikmati aroma harum dari daun pandan ini, cukup menyobek bagian tulang punggung daun. Mengapa demikian? Karena zat-zat pengharum tadi tersimpan di bagian tulang punggung daun pandan. Dalam menyobek tulang punggung daun pandan, usahakan jangan sampai putus. Inilah tips atau cara menikmati harumnya aroma pandan secara maksimal, dibandingkan hanya dengan mengikat daun pandan.

Tumbuhan monokotil berakar tunggang dan besar ini dapat dijumpai didaerah tropis dan subtropis. Biasanya tumbuh di pekarangan rumah, halaman liar, dan selokan. Tumbuhnyapun tidak sendiri, namun berkoloni atau membentuk kelompok. Ukuran tumbuh dari tumbuhan ini pun beraneka ragam mulai dari 50 cm hingga 5 m.

Tumbuhan hijau beraroma wangi ini memiliki jenis sekitar 600 varietas diseluruh dunia. Namun, yang dikenal hanya 3 varietas, yaitu Pandanus tectorius, Pandanus luzonensis, Pandanus Odorus

Varietas tumbuhan ini bisa kita temui pada ketinggian 3.300 mdpl. Sebagian dapat tumbuh dengan biji dan sebagian lagi tumbuh dengan kultivasi stek batang tumbuhan pandan.

Dalam tingkatan taksonomi, tumbuhan pandan berasal dari Kingdom Plantae. Turunan dari Kingdom atau Divisi tumbuhan pandan yaitu Magnoliophyta, dengan Kelas Liliopsida dan Ordo Pandanales. Jika berbicara Famili dari tumbuhan pandan, maka tumbuhan ini termasuk Famili Pandanaceae, dengan Genus Pandanus dan species Pandanus amaryllifolius.

Secara lengkap tingkat klasifikasi ilmiah dari tumbuhan pandan yaitu :
·         Kingdom        : Plantae
·         Divisi             : Magnoliophyta
·         Kelas             : Liliopsida
·         Ordo              : Pandanales
·         Famili            : Pandanaceae
·         Genus            : Pandanus
·         Species          : Pandanus amaryllifolius

Si hijau baeraroma wangi ini, banyak digunakan pada makanan tradisional maupun makanan konvensional khususnya di negara Asia Tenggara seperti Indonesia. Tentu saja ini berkaitan dengan julukan Indonesia sebagai objek wisata kuliner yang patut untuk dikunjungi oleh wisatawan, karena kekayaan makanan tradisional Indonesia yang beranekaragam jenisnya. 

Akibatnya, pandan mendapatkan peran penting dalam proses pembuatan makanan tradisional di Indonesia sebagai pengharum dan juga pewarna alami pada makanan.

Selain dari segi aspek makanan, daun pandan juga dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan yaitu sebagai bahan baku anyaman, contohnya tikar. Aroma wangi pada daun pandan, biasanya juga dimanfaatkan sebagai pewangi ruangan, pakaian dan juga minyak wangi. Itulah beberapa manfaat dari daun pandan yang beraroma wangi ini.


0 Response to "Mengenal Si Hijau Beraroma Wangi : Tumbuhan Berdaun Sejajar yang Bermanfaat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel