-->

Melepas Lelah Mengurangi Stres dengan Memandangi Kolam Ikan

Setelah seharian bekerja atau beraktivitas, pastinya kita akan merasakan kelelahan. Kadangkala juga disertai dengan menurunnya mood, akibat kurangnya refreshing setelah seharian melakukan aktivitas yang dijalani. Kelelahan yang dialami sesorang bisa berasal dari kegiatan sehari-hari, salah satunya stres. Penting sekali untuk mengatasi persoalan penyebab terjadinya stres, agar tidak menimbulkan rasa lelah yang berlebih. Misalnya dengan memandangi kolam ikan.

kolam ikan,hubungan mutualisme,melepas lelah,mengurangi stres,jenis hormon,meningkatkan mood,hormon kebahagiaan,mengatasi stres,halaman rumah
Memandangi Kolam Ikan di Belakang Pekarangan Rumah (https://ceritamahasiswa24.blogspot.com)

Salah satu cara dalam mengatasi stres adalah dengan memandangi keindahan alam. Jika kita berada dirumah saja, cobalah untuk keluar rumah dan memperhatikan halaman sekitar. Apabila terdapat kolam ikan dihalaman rumah, tentu saja hal itu akan lebih bagus dalam mengatasi tingkat stres yang dialami. Pada sebagian orang, dengan melihat kolam ikan saja sudah mampu mengurangi stres pada tubuh akibat timbulnya efek kebahagiaan.

Perlu diketahui, ada 4 jenis hormon yang berhubungan dengan perasaan bahagia, yaitu dopamin, oksitosin, serotonin, dan endorfin. Hormon-hormon ini berperan penting dalam meningkatkan mood, sehingga dapat menghilangkan stres pada tubuh.

Hormon dopamin berfungsi untuk mengaktifkan kemampuan manusia dalam berpikir dan fokus, selain itu juga membantu manusia menemukan hal-hal menarik dan kesenangan. Hormon ini berperan dalam meningkatkan suasana hati, motivasi, dan perhatian.

Hormon oksitosin berperan dalam proses persalinan dan membantu reproduksi pria. Selain itu, hormon oksitosin juga dapat meningkatkan gairah seksual dan kepercayaan, mengurangi kecemasan, kecanduan, dan stres.

Hormon serotonin berperan dalam mengatur memori dan kemampuan belajar, termasuk juga mengatur ritme tidur, mengatur nafsu makan, membantu fungsi memori, dan membantu fungsi pencernaan.

Hormon endorfin, disebut demikian karena endorfin merupakan hormon yang berfungsi dalam menghilangkan rasa sakit yang diproduksi oleh tubuh sebagai respon terhadap stres atau ketidaknyamanan.

Keempat hormon tersebut dihasilkan oleh tubuh secara otomatis. Namun, hal ini tergantung pada kondisi yang dialami oleh tubuh seseorang. Meskipun demikian, hormon ini juga dapat dihasilkan dengan cara-cara tertentu.

Dengan memandangi kolam ikan, bagi sebagian orang kegiatan ini juga efektif dalam mengelola dan menurunkan tingkat stres pada tubuh. Hal ini disebabkan akibat munculnya keempat hormon tersebut. Tidak hanya sekedar memandangi kolam ikan tersebut, kita juga bisa memberikan makanan pada ikan-ikan yang berada di kolam tersebut.

Kegiatan memandangi kolam ikan memang terlihat sepele, namun berdampak besar terhadap diri kita sendiri. Tidak hanya itu, makanan yang kita berikan juga membantu ikan-ikan yang berada di kolam dalam menunjang kehidupan biologisnya.

Terlihat seperti 2 makhluk hidup yang mengadakan hubungan mutualisme. Kita sebagai manusia akan merasakan kebahagiaan dengan memandangi ikan-ikan di kolam, sekaligus mampu mengurangi stres dan meningkatkan mood pada tubuh. Sedangkan ikan yang berada di kolam mendapatkan makanan dari pakan yang kita berikan, sehingga keberlangsungan hidupnya dapat terjaga.


0 Response to "Melepas Lelah Mengurangi Stres dengan Memandangi Kolam Ikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel