-->

KKN di Tengah Pandemi : Pengabdian di Daerah Sendiri

Di tengah wabah COVID-19 yang sedang melanda, pelaksanaan kegiatan KKN tetap diadakan. Namun, terdapat perbedaan pada sistem pelaksanaan dari tahun-tahun sebelumnya. Apa saja perbedaan dan bagaimana sistem pelaksanaannya ??  


kkn covid-19,kuliah kerja nyata,wabah covid-19, kkn tematik,tengah pandemi,daerah sendiri,kkn online
Ilustrasi KKN edisi COVID-19 (https://ceritamahasiswa24.blogspot.com/)

Kuliah Kerja Nyata atau disingkat dengan KKN merupakan salah satu program yang dicanangkan kampus, untuk mengabdi kepada masyarakat sebagaimana terdapat dalam tridharma perguruan tinggi, yang biasanya dilaksanakan oleh mahasiswa semester 6. Tujuan diadakannya KKN sendiri, agar mahasiswa memiliki kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, dan setelah tamat kuliah tidak canggung untuk bekerja sama dengan masyarakat. Selain itu, agar mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana pola tingkah laku dan adat tradisi suatu daerah, termasuk kebudayaan di daerah tersebut.

Hal ini sangat penting dimiliki oleh setiap mahasiswa, karena setelah selesai menamatkan studi di perguruan tinggi, tidak hanya keahlian akademis saja yang akan dibutuhkan dalam dunia kerja. Namun, keahlian dalam hidup bermasyarakat juga sangat diperlukan tentunya. 

Dalam suasana wabah COVID-19, ditambah dengan adanya kebijakan Social Distancing, membuat pelaksanaan KKN tahun ini jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Misalnya dalam hal pembuatan tim KKN. Kalau tahun-tahun sebelumnya tim KKN ditentukan oleh pihak kampus, tahun sekarang tim KKN ditentukan oleh mahasiswa sendiri. 

Mahasiswa bebas memilih tim yang ada di daerah sendiri atau di luar daerah sendiri. Tergantung pada kesanggupan dan izin untuk bergabung, terkhusus untuk mahasiswa yang memilih tim di luar daerah. Daerah sendiri maksudnya adalah, daerah dimana mahasiswa yang bersangkutan menetap. Sedangkan luar daerah maksudnya adalah, daerah yang bisa dikatakan cukup jauh dari tempat tinggal mahasiswa yang bersangkutan berada.

Sebutan pelaksanaan KKN kali ini adalah KKN Online, dengan jenis TEMATIK. Tema dari pelaksanaan kegiatan KKN cukup menarik, karena semuanya berkaitan dengan COVID-19. Semua program yang dirancang pada KKN TEMATIK ini, bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi pertumbuhan kasus COVID-19 di suatu daerah. Intinya bagaimana agar wabah COVID-19 di lokasi KKN bisa dikendalikan penyebarannya, sekaligus membantu masyarakat dan pemerintah dalam memerangi kasus COVID-19. 

Berkaitan dengan kondisi seperti ini, dapat diambil hipotesis bahwa selagi wabah COVID-19 masih melanda, maka pelaksanaan KKN juga akan dilaksanakan dengan metode Online. Jika terdapat perubahan dalam pelaksanaan KKN, hal ini mengacu pada situasi dan kondisi tingkat keganasan COVID-19. Seandainya wabah COVID-19 sudah bisa dikatakan dapat dikendalikan, dapat dipastikan metode pelaksanaan KKN akan dilaksanakan seperti sedia kala.

0 Response to "KKN di Tengah Pandemi : Pengabdian di Daerah Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel