-->

Mengenal Olahan Pisang yang Melegenda : Makanan Sederhana dengan Manfaat Luar Biasa

Pisang merupakan salah satu nama tumbuhan, yang berdaun besar dan memanjang dari suku Musaceae. Tumbuhan yang memiliki genus Musa ini memiliki memiliki beraneka ragam jenis, salah satunya Musa acuminata. Selain dapat dikonsumsi secara mentah, buah dari tumbuhan ini juga dapat dijadikan sebagai olahan makanan. Salah satunya adalah pisang rebus.


pisang rebus,olahan pisang,makanan sederhana, nutrisi baik, makanan tradiosional,manfaat buah pisang,mengolah buah pisang,kebun pisang,tumbuhan pisang,tanaman pisang,budidaya pisang, makanan enak,makanan lezat,makanan bergizi,makanan bermanfaat

Nutrisi yang terkandung dalam buah pisang, seperti serat dan sejumlah antioksidan, sangat bermanfaat untuk tubuh. Buah yang terkenal dengan warna kuning ini, mengandung zat gizi penting dengan takaran 118 gram. Zat gizi yang terkandung dalam buah pisang yaitu potassium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein, dan lemak.

Manfaat dari buah pisang adalah sebagai penstabil gula darah, membantu kesehatan pencernaan dan juga kesehatan jantung. Selain itu, pisang juga berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan ginjal. 

Pisang dengan tingkat kematangan setengah matang yang diolah menjadi makanan, bermanfaat dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

Mengolah buah pisang menjadi sebuah makanan, perlu diperhatikan proses dan waktu pengolahannya. Hal ini bertujuan supaya kandungan nutrisi dalam buah pisang tidak hilang. 

Pengolahan yang terlalu lama akan menyebabkan kandungan zat gizi baik dari buah pisang berkurang, begitu juga dengan proses pengolahan yang tidak benar.

Buah pisang memiliki tingkat kematangan yang beragam tergantung kepada jenis olahan apa yang hendak dibuat. Jika memilih tingkat kematangan yang sempurna, olahan yang dapat dibuat berupa makanan tradisional seperti “godok pisang”. 

Apabila buah pisang masih mentah atau berwarna hijau gelap, bentuk olahannya dikenal dengan nama “kolak pisang”. Olahan pisang mentah ini, salah satu daerah di Indonesia menyebutnya dengan nama “tajau”.

Adapun bentuk olahan yang paling simple dalam proses pembuatannya adalah pisang rebus. Cukup dengan merebus pisang selama beberapa menit hingga buah pisang terlihat lunak. 

Selain itu juga ada “pisang goreng” yang proses pembuatannya tergolong simple. Memasak pisang goreng, membutuhkan tepung terigu dan bahan lainnya sebagai bahan tambahan. Tetapi juga dapat digoreng langsung tanpa memerlukan bahan lainnya.

Terkenal dengan sebutan buah yang pertama dibudidayakan didunia, dan proses pengolahannya yang tidak terlalu ribet, menjadikan buah pisang sebagai makanan primadona yang tetap exist hingga sekarang. 

Hal ini juga disebabkan karena harga pasar dari buah pisang yang tidak terlalu mahal. Tanpa memandang golongan usia ataupun status sosial, setiap orang dapat mengonsumsi buah pisang dalam memenuhi kelengkapan nutrisi tubuh.

Buah yang memiliki manfaat luar biasa ini, sangat mudah dijumpai di Indonesia. Posisi geografis yang berada dilingkar katulistiwa adalah salah satu alasannya. Varietas tumbuhan pisang lokal Indonesia pun sudah merambah hingga seluruh dunia.

Banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki kebun pisang, menjadikan buah pisang mudah untuk ditemui di Indonesia. Harga jualnya pun jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan harga jual di Negara lain. Inilah salah satu hasil kekayaan alam Indonesia yang patut untuk disyukuri.


0 Response to "Mengenal Olahan Pisang yang Melegenda : Makanan Sederhana dengan Manfaat Luar Biasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel