-->

Khasiat 4 Tanaman Obat Penurun Panas Demam

Demam merupakan indikasi dari reaksi ketahanan tubuh terhadap suatu infeksi penyakit yang menyerang sistem imun pada tubuh. Infeksi penyakit ini, biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit. 

Akibat infeksi ini tubuh akan merespon terjadinya gangguan pada sistem imun yang ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. Upaya dalam mengatasi terjadinya peningkatan suhu tubuh, bisa dilakukan dengan obat-obatan ataupun secara alami.

herbal alami,tanaman obat,panas demam,daun jarak,pohon kina,kembang sepatu,adem sari,tanaman mujarab
Tanaman herbal berkhasiat

Beberapa tanaman atau tumbuhan yang dapat menurunkan panas demam, seperti daun kina, daun kembang sepatu, daun mujarab, dan daun jarak terbukti ampuh dalam mengatasi panas demam pada tubuh. Sebenarnya masih banyak tanaman yang bisa dijadikan obat penurun panas demam, namun kali ini kita hanya membahas 4 tanaman ini saja.
Tanaman Kina (Cinchona calisaya) merupakan tanaman herbal asli Amerika Selatan yang bermanfaat untuk kesehatan, karena mengandung alkaloid pada permukaan kulitnya. Jenis penyakit yang dapat diobati dengan tanaman kina adalah malaria, wasir, pembuluh darah yang membesar, pilek, kram pada kaki, influenza, demam, kanker, penyakit mulut dan tenggorokan. Selain itu, klorouin yang terdapat pada tanaman kina, diklaim mampu mengobati virus corona atau yang dikenal dengan COVID-19.
Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Selain sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah dan pewarna alami, daun kembang sepatu juga berkhasiat dalam menurunkan panas demam. 
Cara memanfaatkannya cukup dengan memetik daun kembang sepatu, kemudian direndam dengan air. Agar khasiat obatnya keluar, cukup diremas daunnya hingga hancur menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian disaring supaya daunnya tidak ikut tertelan dan airnya siap untuk diminum.
Tumbuhan Mujarab (Abelmoschus manihot) dikenal juga dengan sebutan adem sari. Hal ini karena khasiat yang terdapat pada daun ini yang mampu menurunkan panas demam. Bentuk daunnya cukup unik, karena menyerupai daun ketela pohon. Cara memanfaatkannya sebagai obat panas dalam, persis sama dengan cara memanfaatkan daun kembang sepatu.
Tumbuhan Jarak (Ricinus communis) adalah tumbuhan liar setahun dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai dan juga di perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu. Secara umum, hampir semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan. Khususnya bagian daun yang dapat digunakan sebagai obat tradisional penurun panas demam.
Itulah keempat tanaman atau tumbuhan yang dapat menurunkan panas demam. Keempat tanaman ini menjaga agar suhu tubuh tetap berada pada batas normal dan membantu sel darah putih dalam meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Kehadiran penyakit seperti bakteri, virus, atau parasit, membuat sistem kekebalan tubuh akan terganggu. Suhu tubuh akan meningkat setelah terjadinya penyerangan sistem imun oleh bakteri, virus atau parasit. 

Suhu tubuh normal manusia berada pada angka 37O C, maka setelah terjadinya penyerangan oleh penyakit ini, suhu tubuh akan beranjak naik. Untuk itu, sangat penting sekali menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit yang dapat menyebabkan panas demam.


0 Response to "Khasiat 4 Tanaman Obat Penurun Panas Demam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel