-->

2021 Kuliah Tatap Muka Diadakan, Dapur Para Pelaku Usaha Kembali Berasap

Pembelajaran Tatap Muka – Kabar mengenai kuliah tatap muka di 2021 akan diadakan, berhembus setelah Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengumumkan proses pembelajaran tatap muka pada 2021 dibolehkan. 

2021 kuliah tatap muka
Suasana di Kawasan Kampus UNAND

Hal ini tentu menjadi kabar menggembirakan, setelah sekian lama proses pembelajaran secara daring dilaksanakan. Tidak hanya bagi pelaku pendidikan, hal ini juga menjadi sesuatu yang sangat dinantikan oleh para pelaku usaha, seperti pedagang dan pencari nafkah lainnya yang berada dikawasan sekolah maupun perguruan tinggi.

Baca Juga : Solusi Permasalahan Belajar Online

Melalui diskusi dengan beberapa pelaku usaha yang bergantung kepada aktivitas pendidikan dikawasan kampus Universitas Andalas, Kota Padang, dapat disimpulkan bahwa dampak kuliah online (daring), berpengaruh kepada sektor perekonomian para pelaku usaha. 

Salah satu pelaku usaha yang bergantung kepada aktivitas pendidikan menyampaikan, “Sebelum pandemi banyak mahasiswa yang beraktivitas dilingkungan kampus yang mengakibatkan adanya pendapatan setiap harinya. Namun, karena kondisi seperti ini, makanya sekarang menjadi sepi pembeli”.

Terus terang, keluhan dari para pelaku usaha membuat penulis merasa iba dan prihatin dengan kondisi seperti ini. Bahkan pelaku usaha lain juga menyebutkan, “Kalau 2021 kuliah masih online, kemungkinan saya akan tutup toko karena tidak sanggup lagi membayar uang sewa bangunan”. 

Begitulah kondisi ekonomi para pelaku usaha yang terpantau melalui diskusi disekitar kawasan kampus megah dan asri, Universitas Andalas, Kota Padang, yang kemudian menjadi latar belakang penulis dalam menerbitkan artikel ini.

Sejak pandemi melanda, sektor perekonomian menjadi bagian vital yang mengalami dampak paling serius. Berbagai strategi dan program kerja telah dilakukan oleh pemerintah, demi menghindari keterpurukan ekonomi atau yang lebih dikenal dengan sebutan resesi ekonomi. Namun, kenyataannya hal itu belum berdampak langsung terhadap para pelaku usaha kecil.

Baru-baru ini, pemerintah juga telah menganggarkan bantuan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah mikro (UMKMM) di Indonesia, melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 

Tujuan diadakan program ini, tentu saja untuk membantu masyarakat pengusaha kecil dan menengah yang mengalami dampak ekonomi akibat COVID-19Dibolehkannya proses pembelajaran tatap muka diadakan kembali, mengindikasikan geliat ekonomi akan terjadi lagi, khususnya di kawasan kampus Universitas Andalas. 

Baca Juga : Kabar Terkait Penerapan Pendidikan di Indonesia

Keluarnya perizinan dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, mengakibatkan aktivitas perkuliahan akan kembali normal, dengan syarat tetap menerapkan aturan protokol kesehatan. Sehingga, dapur para pelaku usaha akan berasap kembali setelah beberapa bulan berada dalam kondisi hidup mati akibat sepinya aktivitas jual-beli. 

Terakhir, jangan lupa menerapkan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak)...

0 Response to "2021 Kuliah Tatap Muka Diadakan, Dapur Para Pelaku Usaha Kembali Berasap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel