-->

Revolusi Industri 4.0 : Pengenalan Modernisasi Manajemen Kandang Ayam Era Digitalisasi

Revolusi Industri - Perkembangan teknologi mampu menghadirkan sebuah maha karya yang memiliki nilai guna dengan konsep mudah dan cepat. Akibat adanya perkembangan teknologi, seluruh bidang kehidupan mengalami dampak yang cukup signifikan. Hal yang serupa juga dirasakan pada bidang industri, sehingga melahirkan sebuah kalimat revolusi industri.

kandang ayam modern
Ilustrasi Kandang Ayam Modern (Pixabay)
Baca Juga : Indonesia miliki pabrik baterai listrik terbesar di dunia

Definisi Revolusi industri adalah kondisi yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan oleh perubahan global. Proses produksi atau jasa yang awalnya sulit, butuh waktu dan proses yang lama, butuh biaya atau modal yang mahal untuk menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah dalam prosesnya.

Hingga saat ini, revolusi industri sudah memasuki era 4.0. Revolusi industri 4.0 memiliki beragam definisi, salah satunya menurut Angela Merkel (2014), mengatakan bahwa revolusi industri 4.0 atau revolusi industri 4.0.10.5.10000 merupakan transformasi komprehensif dari keseluruhan aspek produksi di industri melalui penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional.

Penerapan kemajuan teknologi di era digital, sudah mulai diterapkan pada industri peternakan. Salah satunya dapat terlihat dengan adanya penelitian mengenai monitoring suhu dan kelembaban pada kandang ayam berbasis IoT (Internet of Think). Latar belakang penelitian ini didasari oleh pengelompokan ayam berdasarkan sifat suhu tubuh. 

peternakan ayam
Ilustrasi Peternakan Ayam (Pixabay) 

Ayam termasuk hewan berdarah panas atau Homoiterm, serta tidak memiliki kelenjar keringat dan tubuhnya ditutupi bulu. Suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan berkurangnya nafsu makan ayam dan menyebabkan ayam lebih sering minum ketimbang makan. Hal ini dapat mempengaruhi proses produksi pada industri peternakan ayam.

Modernisasi manajemen kandang ayam merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membentuk sebuah prinsip kandang cerdas, dimana semua aktivitas perkandangan sudah dikendalikan langsung oleh mesin atau robot yang telah dimanipulasi sedemikian rupa. 

Baca Juga : Kecanggihan Teknologi Kendaraan Masa Depan 

Modernisasi ini bertujuan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia dalam mengatur dan mengurus kandang ayamnya. Keuntungan lain yang diperoleh dari penerapan modernisasi manajemen kandang ayam ini, adalah mengurangi biaya pengeluaran dan resiko terjadinya kecurangan selama keberlangsungan proses produksi.

Namun, disisi lain tentu saja kehadiran tenaga manusia masih dibutuhkan dalam hal maintenance sistem robotik maupun proses, serta memonitoring keberlangsungan aktivitas kandang. Dalam hal ini tentu saja dibutuhkan tenaga manusia yang terampil dan ahli dengan bidang tersebut. 

Modernisasi manajemen kandang ayam memperlihatkan bahwa era digitalisasi itu sangat membantu meringankan pekerjaan manusia, dengan konsep lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah.


0 Response to "Revolusi Industri 4.0 : Pengenalan Modernisasi Manajemen Kandang Ayam Era Digitalisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel