-->

Indonesia Mendunia : Pabrik Baterai Listrik Terbesar Dunia Berada di Indonesia

Pabrik Baterai Listrik Terbesar – Dalam mempersiapkan kebutuhan sumber energi di masa depan, Indonesia turut berkontribusi dalam mengambil peran sebagai venue produsen baterai listrik dunia. 

baterai listrik
Ilustrasi Baterai Listrik (pixabay)

Baca Juga : Kehadiran Fitur Terbaru Media Sosial   

Produksi Baterai Listrik

Baterai listrik ini nantinya berperan dalam menekan jumlah konsumsi bahan bakar fosil yang jumlahnya tidak sebanding dengan ketersediaannya di alam. Tidak tanggung-tanggung, pabrik baterai listrik yang berada di Indonesia dikabarkan menjadi pabrik baterai listrik terbesar di dunia.

Pemerintah Indonesia tengah melakukan kesepakatan dengan 2 perusahaan produsen baterai terbesar di dunia. Perusahaan tersebut, yaitu Contemporary Amperex Technology Co. Ltd. (CATL) asal China, dan juga LG Chem Ltd asal Korea Selatan. 

Baca Juga : Penampilan Group Boyband Asal Korea Selatan

Bersumber dari Deputi Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, investasi yang disepakati dari proyek baterai ini bernilai US $ 20 milliar atau setara Rp 296 triliun. 

Lebih lanjut, investasi yang dilakukan kedua perusahaan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnis industri di pengolahan nikel sebagai komponen baterai kendaraan listrik.

Pembangunan pabrik baterai listrik terbesar ini, terdiri dari beberapa investor dengan asal perusahaan yang berbeda, seperti China, Jepang, dan Korea Selatan. Pabrik ini direncanakan akan dibangun di wilayah timur Indonesia, seperti Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara. 

Daerah ini dipilih karena memiliki kekayaan alam berupa nikel yang melimpah. Nikel inilah yang menjadi bahan baku dalam pembuatan baterai listrik di tanah air.

Salah satu pabrik baterai listrik yang diinvestasikan oleh perusahaan asal Korea Selatan, yaitu LG Chem Ltd yang bekerja sama dengan perusahaan Hyundai Motor Group, membangun pabrik baterai listrik pertama kali yang terbesar dan terintegrasi di dunia. 

mobil listrik
Ilustrasi Mobil Listrik (pixabay)
Mobil Listrik

Semenjak beberapa tahun belakangan, pabrikan mobil global sedang gencar-gencarnya mencari sumber produksi baterai listrik, untuk mempersiapkan era baru di masa depan yaitu hadirnya mobil listrik.

Kehadiran mobil listrik juga menjadi fokus utama pemerintah Indonesia. Hal ini tertuang pada Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan. 

Baca Juga : Penemuan Terbaru Indonesia Terkait COVID-19

Melalui peraturan tersebut, tergambar dengan jelas bahwasanya Indonesia juga memiliki tekad yang kuat untuk bersaing secara global dalam menghadirkan kendaraan mobil listrik yang ramah lingkungan.


0 Response to "Indonesia Mendunia : Pabrik Baterai Listrik Terbesar Dunia Berada di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel