-->

Cerita Sejarah Berdirinya Google : Bermula dari Salah Pengetikkan Nama

Siapa yang tidak kenal dengan Google. Di Indonesia, Google disebut dengan ‘Mbah Google’. ‘Mbah’ bermakna sebagai sosok orang yang sudah tua, bijaksana, dan memiliki wawasan pengetahuan yang luas. Itulah alasannya kenapa di Indonesia, Search Engine nomor 1 didunia ini disebut dengan ‘Mbah Google’. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana sejarah mula berdirinya perusahaan multinasional Amerika Serikat ini ? Berikut ulasannya

Sejarah Berdirinya Google
Ilustrasi Google (Pixabay)

Asal mula berdirinya Google, tidak terlepas dari nama Larry Page dan Sergey Brin. Pada saat berdirinya perusahaan, kedua orang ini masih berstatus mahasiswa S3 (Ph.D) di Universitas Stanford. Tujuan mereka menciptakan produk yang bergerak dibidang jasa dan internet ini atas dasar niat baik, yaitu mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang, dengan slogan tidak resminya “Don’t be evil”. (Wikipedia)

Kedua tokoh pendiri Google ini, menetapkan Google sebagai suatu perusahaan pada tanggal 4 September 1998. Keuntungan yang didapatkan dari perusahaan ini, berasal dari AdWords yang sebanyak 16 % masuk ke rekening kedua tokoh ini. Sejak berdiri hingga sekarang, Google telah menawarkan perangkat lunak daring (dalam jaringan), surat elektronik atau surel, aplikasi, dan jejaring social. Selain itu, juga terdapat sistem operasi Android yang diprakarsai Google. Google sendiri bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat. Awal berdirinya, garasi di Menlo Park, California, menjadi saksi atas berdirinya perusahaan Google.

Bukti dari kepopuleran Google didunia dilihat dari pernyataan anak perusahaan Amazon yang merupakan penyedia data komersial terkait traffic web, yaitu Alexa, menyebut Google sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Tidak hanya itu, situs Google dan produknya seperti YouTube dan Blogger, masuk dalam daftar peringkat 100 teratas. Sehingga, pada tahun 2014 Google mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan bermerk paling bernilai oleh Bussiness Indeed.

Google bukan nama pertama yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Awalnya Google bernama BackRub. Akibat sistem yang tidak kuat melayani permintaan data yang besar, sehingga BackRub menjadi rusak. Kemudian, kedua tokoh ini memperbarui dan menyempurnakan sistem BackRub sekaligus mengganti nama BackRub menjadi Googol. Googol merupakan istilah dalam matematika yang menyatakan angka 1 yang diikuti angka 0 sebanyak 100. Nama ini menggambarkan misi Googol sebagai gudang informasi tak terbatas.

Saat Larry Page dan Sergey Brin mengajukan Googel kepada Andy Bechtolsheim sebagai investor yang akan mendanai perusahaan, terdapat kesalahan dalam pengetikkan nama. Di dalam cek, Andy Becthtolseim menuliskan Google, bukan Googol. Kedua Tokoh pendiri Google akhirnya menerima nama Googol yang diubah menjadi Google tanpa sengaja. Hingga sekarang nama Google tetap exist bahkan dikenal hingga seluruh dunia.


0 Response to "Cerita Sejarah Berdirinya Google : Bermula dari Salah Pengetikkan Nama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel