-->

Terpapar COVID-19 ? Fokus pada Pola Hidup Sehat

Terpapar COVID-19 dan pola hidup sehat – Terpapar COVID-19 bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi, saat angka kasus didunia terbilang 38,2 juta. Tanpa pandang bulu, bahkan olahragawan sekalipun bisa terpapar virus yang mematikan ini. Seperti baru-baru ini, Cristiano Ronaldo, terpapar COVID-19 sebelum pertandingan Portugal menghadapi Swedia. Jika kondisinya sudah seperti ini, apakah kita boleh panik sekarang ?

pola hidup sehat
Ilustrasi hidup sehat (pixabay)

Panik merupakan hal yang wajar, ketika mendengar tidak ada batasan COVID-19 untuk hinggap berdampingan dalam tubuh seseorang. Namun, akan jauh lebih baik jika kita tidak berlebihan dalam mengatasi situasi seperti ini. Timbulnya kepanikan justru akan mempengaruhi sistem biologis pada tubuh. Selain itu, panik juga dapat mengakibatkan trauma yang menyebabkan sistem imun tubuh melemah.

Daripada harus panik, lebih baik fokus pada pola hidup yang sehat. Mengapa demikian ? Karena dengan terfokusnya pikiran pada pola hidup sehat, mampu meredakan kepanikan dalam tubuh. Memfokuskan pikiran pada kehidupan yang lebih sehat, merupakan salah satu upaya perlawanan terhadap COVID-19 yang mengganggu sistem kekebalan tubuh. Dengan terfokus pada pola hidup yang sehat, kita dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Langkah Efektif Peneraan Pola Hidup Sehat

·         Konsumsi sayur dan buah

Mengonsumsi sayur dan buah dapat memperkuat sistem imun, karena mengandung vitamin dan mineral yang tinggi.

·         Istirahat yang cukup

Hal ini wajib dilakukan agar tidak menurunkan sistem kekebalan tubuh. Waktu istirahat yang baik sekitar 8 – 9 jam.

·         Kendalikan stres dan panik berlebih

Jika kita tidak bisa melakukannya, maka hormon kortisol akan terproduksi dalam tubuh, yang ujung-ujungnya mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh.

·         Olahraga secara teratur

Olahraga selama 30 menit setiap hari, dapat meningkatkan sistem imun. Cukup dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki dan lain sebagainya.

·         Hindari pencemaran terhadap saluran pernapasan

Saluran pernapasan, apabila sudah terkena asap berbahaya seperti rokok, asap pabrik dan kendaraan, dapat meningkatkan resiko tinggi pada infeksi saluran pernapasan. Ditambah dengan keberadaan virus corona yang suka menempel pada saluran pernapasan, bisa menimbulkan komplikasi pada saluran pernapasan.

Terpapar COVID-19, memanglah sesuatu yang tidak diinginkan. Terlebih dari ketidaksiapan imunitas tubuh dalam merespon virus ini. Namun, yang perlu kita lakukan adalah tetap berusaha dan berdoa dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Peningkatan imunitas tubuh dapat dilakukan dengan fokus pada pola hidup yang sehat. Ingat ! penerapan merupakan kunci sukses dari suatu perencanaan.


0 Response to "Terpapar COVID-19 ? Fokus pada Pola Hidup Sehat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel