-->

Hot Topik : Benarkah Wajib Militer Akan Diterapkan di Indonesia ?

Beredar isu hangat bahwa Indonesia akan menyusun rancangan program wajib militer untuk warganya. Melalui program pendidikan militer yang akan diterapkan kepada mahasiswa selama 1 semester, program ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara Indonesia. Dalam menerapkan kegiatan ini, kementrian Pertahanan Republik Indonesia akan bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Namun, hal ini masih dalam pertimbangan antara kedua lembaga tersebut.

wajib militer indonesia,hot topik,news update,berita terbaru,kementrian pertahanan,wajib militer,pendidikan militer,komponen cadangan,bela negara,nasionalisme dan patriotisme
Ilustrasi pendidikan militer (cdn2.tstatic.net)

Jika bicara mengenai wajib militer, tentu hal yang langsung terbayang dalam ingatan adalah Korea, terutama Korea Selatan. Siapa yang tidak kenal dengan Korea Selatan. Negara yang memiliki industri kreatif, yaitu K-pop yang sudah merambah hingga seluruh dunia. Bahkan Korea Selatan menjadikan K-pop sebagai modal pertahanan dalam menguasai dunia bidang industri kreatif.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai isu terhangat tentang wajib militer di Indonesia, berikut beberapa negara yang telah menerapkan wajib militer untuk warganya :

·     Korea Utara

Korea utara memiliki aturan tersendiri dalam program wajib militer untuk warga negaranya, dimana laki-laki memiliki massa wajib militer lebih lama 3 tahun daripada massa wajib militer perempuannya.

·     Korea Selatan

Korea Selatan mewajibkan seluruh warganya wajib militer dari rentang usia 19 – 35 tahun. Sedangkan untuk mereka yang berstatus artis K-pop, memiliki keistimewaan bisa menunda program wajib militernya. Korea Selatan juga menetapkan aturan bagi warganya yang menolak wajib militer, akan mendapatkan hukuman penahanan di balik penjara.

·     Thailand

Penduduk yang berstatus warga Negara Thailand, diharuskan wajib militer pada rentang usia 21-27 tahun. Pelaksanaan wajib militer di Negara Thailand terdiri dari 2 cara, yaitu secara sukarela dan Draft Day atau kebijakan mengandalkan keberuntungan melalui undian kartu.

·     Mesir

Di Negara mesir, wajib militer hanya diperuntukkan bagi pria yang berumur 18 sampai dengan 30 tahun. Masa wajib militer Negara ini pun terbilang cukup cepat dari 12 sampai 30 bulan.

·     Singapura

Singapura melaksanakan wajib militer bagi warga negaranya dengan cara pendaftaran terlebih dahulu saat berusia 16 tahun. Sedangkan aksinya akan dilaksanakan pada usia 18 tahun. Wajib militer di Singapura memiliki rentang waktu 22 sampai 24 tahun, setelah itu merekan akan mengabdi kepada negaranya sebagai personil militer.
    

Bagaimana dengan isu pelaksanaan wajib militer di Indonesia ? menanggapi hal tersebut, Kementeri Pertahanan Republik Indonesia menegaskan bahwa tidak ada yang namanya wajib militer di Indonesia. Pendidikan militer yang akan digagas tersebut, tidak sama dengan wajib militer yang mengharuskan seluruh warga negara untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara. 

Pendidikan militer ini bertujuan untuk menimbulkan rasa patriotisme dan nasionalisme, yang ditunjukkan dengan bergabung ke dalam Komponen Cadangan (KomCad). Ini merupakan bentuk persiapan membekali warga negara dalam menghadapi situasi darurat perang, dan merupakan bentuk bela negara yang terdapat pada UUD RI 1945. 


0 Response to "Hot Topik : Benarkah Wajib Militer Akan Diterapkan di Indonesia ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel