-->

Insiden Tabrakan dan Fitur Keamanan pada Ajang Balap MotoGP

Ajang balap MotoGp merupakan salah satu ajang balap yang paling berkelas didunia. Motor yang memiliki tenaga tangguh dengan kecepatan lebih dari 300 Km/Jam, menjadikan MotoGp dicap sebagai ajang balap paling bergengsi, sekaligus paling berbahaya. Seperti kejadian horror yang terjadi di sirkuit Red Bull Ring, Austria, pekan kemaren.


red bull ring,insiden austria,teknologi motogp,insiden motogp,fitur keamanan,fitur keamanan motogp,balap motogp,motogp,motogp austria,motogp 2020,valentino rossi,maverick vinales,johan zarco, yamaha,pembalap motogp,franco morbidelli,
Insiden MotoGp Austria (Fix Indonesia.com)

Insiden yang melibatkan pembalap Franco Morbidelli dengan Johan Zarco, hampir saja mengenai pembalap duo Yamaha Monster Energy, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Kedua motor yang terlibat insiden ini, terpental dengan kecepatan tinggi yang mengarah ke Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Pasca insiden tersebut, Valentino Rossi sempat berkomentar bahwa itu adalah kejadian yang paling mengerikan selama karirnya di ajang balap Motogp.

Meskipun mengalami insiden bertabrakan yang sangat luar biasa dengan kecepatan tinggi, kenyataannya kedua pembalap baik Franco Morbidelli maupun Johan Zarco tidak mengalami cedera yang sangat serius. Ini semua tentunya berkat fitur keamanan canggih yang sudah tersemat pada ajang balap MotoGp. Berikut beberapa fitur pengaman baik di lintasan, maupun pada pembalap di MotoGp :


red bull ring,insiden austria,insiden motogp,fitur keamanan,fitur keamanan motogp,balap motogp,motogp,motogp austria,motogp 2020,valentino rossi,maverick vinales,johan zarco, yamaha,pembalap motogp,franco morbidelli,
Perbaikan Keamanan Sirkuit Austria (autosport)

1.      Airfence

Merupakan pagar yang terbuat dari balon dengan bahan khusus, yang berfungsi untuk menyerap benturan keras motor dan pembalap dengan pembatas sirkuit. Airfence ini mampu menyerap benturan dengan sangat baik, sehingga memberikan dampak yang sangat kecil pada pembalap dan motornya saat terseret atau terhempas ke luar trek.

2.      Gravel

Gravel adalah lahan luas berisi tumpukan batu kerikil yang cukup dalam dan berada disisi kiri-kanan lintasan. Fungsi dari gravel adalah untuk mengurangi kecepatan pembalap dan juga motor saat terjatuh di lintasan, agar tidak mengenai dinding pembatas sirkuit.


Selain itu, di setiap sirkuit lintasan balap MotoGp juga terdapat Marshall yang berfungsi untuk mengevaluasi kondisi lintasan, dan memastikan regulasi berjalan dengan baik pada setiap sesi lintasan. Di setiap sesi juga terdapat tim medis, yang berfungsi sebagai pertolongan pertama saat pembalap mengalami insiden. Tim medis ini juga dilengkapi dengan fasilitas helikopter untuk membawa pembalap ke rumah sakit terdekat, yang mengalami kritis saat insiden.


red bull ring,insiden austria,insiden motogp,fitur keamanan,fitur keamanan motogp,balap motogp,motogp,motogp austria,motogp 2020,valentino rossi,maverick vinales,johan zarco, yamaha,pembalap motogp,franco morbidelli,
Fitur Canggih pada Wearpack (Kumparan)

Tidak hanya dilintasan, fitur keamanan juga dipasang pada wearpack pembalap MotoGp. Dilansir dari laman Redbull, semua wearpack yang dikenakan pebalap dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan didukung dengan teknologi terkini. Seiring perkembangan zaman, teknologi wearpack pada ajang balap MotoGp juga semakin canggih dengan menghadirkan fitur airbag yang dilengkapi sensor. Teknologi ini diklaim dapat mengembang dibawah 0,3 detik sesaat setelah terjadi benturan. Dengan teknologi ini, pembalap tidak akan mengalami insiden yang sangat serius setelah mengalami benturan.

Sebagai pengingat untuk kita semua, fitur keamanan canggih ini hanya ada pada ajang balap motoGp. Sangat tidak disarankan sekali meniru gaya balap MotoGp di jalan raya, karena dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, yang beresiko fatal hingga kehilangan nyawa. Berkendaralah dengan aman dan patuhi setiap rambu-rambu lalu lintas di jalan raya. Sebab, jalan raya belum memiliki fitur keamanan canggih selain rambu-rambu lalu lintas, untuk memastikan nyawa pengendara aman dalam berkendara dengan kecepatan tinggi.


1 Response to "Insiden Tabrakan dan Fitur Keamanan pada Ajang Balap MotoGP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel